LUKISAN PEMANDANGAN MALANG RAYA 1900

     M.E.H.R. Van Den Kherkoff (1830-1908) saya copy lalu paste kan ke Google. Beberapa nama yang mirip muncul, namun sama sekali bukan individu yang coba saya telusuri riwayatnya di atas.
     Saya belum menemukan hal ikhwal beliau siapa. Namun melihat apa yang ditinggalkannya bagi kita, saya menebak barangkali beliau adalah seorang pelukis profesional, atau kalau pun bukan, yang jelas melalui mata dan goresan beliau saya bisa membayangkan bagaimana keadaan kota tempat tinggal saya Malang dan sekitarnya seratusan tahun yang lalu.
      Malang sangat teduh dan asri alamnya, namun itu dulu. Kini Malang penuh sesak ditumbuhi ruko dan didatangi ribuan pendatang baru tiap tahunnya. Semakin sesak dan menyesakkan untuk di huni.
 
     Sekilas melihat lukisan-lukisan beliau di bawah, saya teringat lukisan-lukisan yang biasanya ada pada kalender jaman saya kecil. Gaya dan obyeknya mirip sekali. Kherkoff secara tidak sadar pernah menjadi trend setter juga rupanya :-)
 



1898 Sungai Brantas

 1891: Kali Bangak di pegunungan Kawi, Malang

 1889: Sungai Brantas, Malang

 1889: Sungai Brantas, Malang

 Sebelum 1890: Perkampungan di Malang

 1891: Pemandangan sungai Brantas, Malang

 1891: Pemandangan sungai Brantas, Malang

 1891: Pemandangan sungai Brantas, Malang

1889: Air terjun di sungai Metro, Malang





Agung Setya Nugraha

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments: