BALI


       Bali adalah gambaran yang paling mendekati keadaan jawa masa lalu yang masih bisa kita saksikan sampai hari ini. Tidak bisa dipungkiri bahwa masuknya Islam ke Jawa benar-benar merubah total konstelasi budaya Jawa dan hampir-hampir melenyapkan nilai-nilai pra Islam kecuali di sedikit daerah jawa bagian timur. 
      Dokumentasi tentang Bali yang saya dapatkan dari berbagai sumber berikut ini adalah referensi saya yang paling penting bagi kelangsungan proyek komik saya. Foto yang tertua bertahun 1880an , sedangkan yang terbaru bertarik 1960an. Semuanya sangat indah dan bernilai historis tinggi. 
      Hal penting yang bermanfaat bagi saya diantaranya adalah: gambar anyaman bambu dan alat-alat lain yang memanfaatkan bahan dari alam termasuk perabot dan gagang senjata, desain pakaian dan aksesoris penutup kepala maupun perhiasan, gambar pahatan candi, ekspresi wajah orang ( yang pastinya tidak cegengesan kayak orang2 jaman sekarang kalau lagi di foto), dan kondisi fisik atau proporsi ukuran badan , otot dan lemak orang dulu ( yang mungkin disebabkan oleh minimnya pemakaian teknologi untuk membantu aktifitas sehari-hari sehingga lebih kecil,namun kesat :-) ), dan satu lagi, lihat indahnya perempuan jaman dulu berpakaian hehehehe.............
       





   1900-1940 Pandai Besi di Bali



 1950-1958 Relief Tradisional Bali



 1910-1920: Sungai berkelok di Bali

















1938-1958: Suatu pagi di Dusun Iseh, Bali

1936: Wanita penari dari Bali

 1907-1931: Perlombaan kerbau di Bali

Perempuan Bali bekerja bersama-sama membersihkan dagangan di pasar























Agung Setya Nugraha

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments: