Eagle of Rome

      MARINI adalah jaminan mutu komik Eropa. Selain serial EAGLE OF ROME nya yang membuat saya merinding, SCORPION adalah karyanya yang lain yang sangat keren dan bahkan telah diterbitkan dalam bahasa Indonesia sehingga bisa didapatkan di toko buku terkemuka di kota anda.

   
      Tarikan garisnya spontan dan ekspresif, yang mengingatkan saya pada komikus lokal idola saya Ganes TH. Tehnik pewarnaan dengan menggunakan cat cair membuat komik ini makin yahut. Dari segi artistiknya, saya memberi nilai 10/10 alias sempurna. Sungguh tidak ada maksud untuk melebih-lebihkan selain bahwa kenikmatan yang saya dapatkan dari membaca komik ini benar-benar WYSIWYG (What You See Is What You Get).
      Sesuai dengan judulnya, cerita komik ini mengambil seting sekitar 100 tahun sebelum masehi pada masa kejayaan Romawi. Dalam upayanya melanggengkan kekuasaan atas daerah jajahan dan vassalnya yang sangat luas, bangsa Romawi sering 'menculik paksa' anak ketua suku untuk dididik dan dibesarkan secara beradab ( baca: secara Romawi). Hal demikian ini bertujuan meminimalisir pemberontakan dan bahkan memperkuat ikatan antara Romawi dengan wilayah jajahannya karena secara langsung penjajahan tidak hanya dilakukan melalui kekuatan perang tetapi juga melalui budaya. Anak para pimpinan dan kepala suku tersebut kelak akan menjadi penghubung dan duta perdamaian (paksa) yang mengikat daerah jajahan dengan Romawi. Perlu saya informasikan bahwa komik eropa semacam ini hampir selalu mempertontonkan gambar alat vital maupun adegan dewasa yang vulgar, jadi jangan kaget hehehehehe............
      Komik seperti ini sudah barang tentu ada di daftar teratas buruan utama saya; benar-benar komik referensi super penting. A must have comic.
      Jika anda seorang antusias komik seperti saya yang tertarik memiliki versi PDF nya, saya akan berbagi gratis dengan anda. Namun sebagai bentuk penghargaan kita pada seniman komiknya, saya sarankan bagi anda yang mampu silakan untuk membelinya lewat Ebay atau Amazon, atau di toko komik di luar negri.

Berikut sekelumit contoh halaman komiknya. Keren banget kan!!

Salam komik !
   





Agung Setya Nugraha

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments: